Senin, 15 Maret 2010



Senam Yophytta Khusus Ibu Hamil
Setiap wanita pasti akan memiliki anak. Dan dengan melahirkan merupakan suatu proses alami bagi wanita. Bila Anda mempersiapkan diri dengan lebih, maka akan mengalami proses persalinan yang lebih lancar. Agar persalinan Anda lebih lancar, Anda dapat melakukan senam Yophytta yang dikhususkan bagi ibu hamil.
Senam Yophytta Materna merupakan gabungan dariYoga, Pilates, Hypnoteraphy, dan Tai Chi. Bila senam ini dilakukan secara teratur akan membuat tubuh menjadi sehat, bugar, dan mempermudah proses persalinan. Senam dapat mulai dilakukan pada usia kehamilan 5 bulan, dengan durasi latihan selama 1 1,5 jam.
Senam Yophytta dapat menggabungkan latihan fisik, mental, dan spritual agar mendapatkan energi positif. Dengan melakukan senam Yophytta, Anda dapat meningkatkan kemampuan berpikir positif, menjaga kestabilan emosi, menghilangkan stres, serta mengurangi keluhan selama hamil (seperti sakit pinggang, nyeri sendi, dan morning sickness). Dari segi fisik, senam ini dapat memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan dinding perut yang berperan pada kehamilan dan persalinan. Dan yang paling penting ikatan ibu dan bayi semakin meningkat.
Dalam proses persalinan tentunya harus mempersiapkan mental dan spiritual. Karena sebagian ibu hamil biasanya mereka memiliki berbagai kekhawatiran yang berkaitan dengan proses kelahiran. Dari hal, apakah bayi akan lahir sehat, rasa sakit saat melahirkan, hingga pikiran tentang apakah mampu menjadi ibu yang baik. Tak jarang ibu hamil akan mengalami stres menjelang melahirkan. Dan tentunya kondisi ibu hamil yang mengalami stres juga akan mempengaruhi kondisi janin.
Senam Yophytta dilakukan untuk menarik lebih banyak energi ke dalam tubuh ibu hamil melalui pernafasan. Energi positif yang terhirup akan disimpan dalam tubuh, sedangkan energi negatif dikeluarkan melalui nafas yang dibuang. Penyerapan energi positif ini merupakan tahap pertama dalam senam Yophytta, yaitu tahap relaksasi.
Pada bagian ini Anda harus duduk dengan santai, dan merasakan setiap tarikan nafas. Anda harus merasakan semua bagian tubuhnya, dari mata hingga kaki. Selain itu juga menghilangkan setiap pikiran negatif, misalnya, bahwa diri kita tidak sempurna, atau kita tidak mampu menjadi ibu yang baik. Bila memikirkan hal-hal yang positif, tubuh kita pun akan mendorong terjadinya hal-hal yang positif.
Tahap berikutnya adalah afirmasi, atau membangun pikiran positif. Disinilah peran latihan hypnotherapy. Dalam posisi tetap duduk, peserta mendengarkan berbagai kata-kata dorongan yang bersifat positif dari instruktur. Jika nanti Anda berlatih Yophytta sendiri di rumah, Anda bisa menggunakan kata-kata Anda sendiri untuk memberi stimulasi positif pada pikiran.
Tahap terakhir adalah latihan fisik, mulai dari latihan peregangan, latihan untuk mempersiapkan otot dasar panggul, dan otot paha bagian dalam. Ada yang disebut dengan gerakan kupu-kupu, yang melatih perineum (daerah antara kedua belah paha) dan bertujuan untuk merelaksasikan daerah panggul. Luruskan kaki kiri, lalu gendong kaki kanan dengan tangan, dan goyangkan perlahan-lahan.
Gerakan lain adalah gerakan kucing, yang mengajarkan pada ibu hamil saat harus mengejan nanti. Caranya dengan melakukan posisi merangkak, lalu melengkungkan punggung ke atas dalam beberapa hitungan, lalu melengkungkan punggung ke bawah, juga dalam beberapa hitungan. Setelah itu, ganti posisi kaki yang digendong.
Dalam hal ini banyak ibu hamil yang salah dalam cara duduk dan berdiri. Saat mengangkat tubuh dari posisi duduk di lantai, seringkali ada gerakan menyentak yang sebenarnya berbahaya. Saat berdiri atau duduk, Anda harus melibatkan kedua tangan untuk menumpu badan. Dengan menguasai teknik ini, tentu Anda juga dapat menghindarkan diri dari cidera otot saat kehamilan.
http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=489_Senam-Yophytta-Khusus-Ibu-Hamil

3 komentar: